Selasa, 03 Juli 2012

Waktu Yang Tepat untuk Membangun Rumah (Fakta dan Mitos)

Waktu yang Tepat untuk Membangun Rumah (Fakta dan Mitos)

Guest House dengan rangka atap baja ringan Mankar Trus

Membangun rumah membutuhkan waktu, karena beberapa pekerjaan tidak bisa dilakukan sekaligus melainkan bertahap. Sebelum memulai pekerjaan membangun rumah, terlebih dahulu susun jadwal kapan mulai pelaksanaan, apa saja urutan pekerjaan dan berapa lama masa pengerjaan. Bila anda menyusun jadwal dengan baik, beberapa keuntungan berikut akan anda peroleh :

  • Pengawasan pekerja dan pekerjaan akan lebih mudah. Karena anda bisa menilai hasil kerja berdasarkan jadwal, apakah pekerjaan lebih cepat, standar atau lebih lambat dari jadwal.
  • Proses pengerjaan lebih teratur. Anda bisa memperhitungkan apa saja keperluan bahan yang mendesak dan apa saja yang bisa disiapkan belakangan.
  • Kebutuhan tenaga kerja dapat terkontrol. Dengan demikian tidak ada tukang yang nganggur, karena tidak tahu mana yang harus dikerjakan. Hal in terutama bagi anda yang memakai tukang harian.
  • Persiapan dana cash dan material anda lebih terkontrol. Sehingga anda tidak akan terbebani oleh kosongnya dana atau material.
  • Pekerjaan selesai tepat waktu. Hal ini tentunya apabila pekerja dan pengawas disiplin.
Berikut ini fakta-fakta yang perlu diperhatikan ketika anda merencanakan pembangunan rumah. Perlu diingat, faktor cuaca adalah hal yang sangat penting dalam penyusunan jadwal pengerjaan. Mengawali pembangunan pada musim hujan akan berisiko pekerjaan tersendat-sendat, karena beberapa pekerjaan seperti pemasangan pondasi dan bata dinding akan terhenti bila hujan turun, pekerja tidak dapat meneruskan disaat hari hujan karena berisiko runtuhnya material yang baru dipasang, hal ini tentunya akan sangat merugikan anda, terutama jika anda memakai tukang harian. Mereka istirahat karena hujan turun, sementara anda tetap membayar upah satu hari. Semakin sering hujan turun, semakin banyak anda rugi dan pekerjaan semakin tertunda.
Waktu yang tepat untuk memulai adalah diakhir musim hujan, hari tidak terlalu panas dan sesekali masih turun hujan, karena saat bata terpasang dan akan memulai pengejaan plesteran, dinding rumah anda memerlukan siraman air, turunnya hujan tentunya akan sangat membantu. Pasangan bata yang basah akan semakin kuat ikatannya dan sebaliknya jika pengeringan terlalu cepat, dinding akan mudah retak.
Ketika pekerjaan sampai pada pemasangan atap, sebaiknya hujan sudah tidak turun lagi, atau minimal jarang turun, karena kayu yang terkena air hujan akan lembab, sehingga menjadi incaran rayap (ini bagi anda yang menggunakan kerangka kayu, bagi anda yang menggunakan kerangka baja ringan hal ini tidak menjadi masalah). Namun anda masih memerlukan siraman air hujan, untuk pengecekan apakah ada kebocoran pada atap atau tidak.
Ketika pekerjaan sampai pada tahapan finishing seperti pengecatan, maka akan sangat membutuhkan panas matahari, karena ketika cuaca lembab apalagi turun hujan, hasil yang didapatkan tidak bisa maksimal. So, hanya dengan penjadwalan yang baik dan disiplin anda akan bisa mengatur tahapan pengerjaan seperti diatas. But, bagi anda yang waktu dan fikirannya tidak ingin terbebani oleh hal-hal diatas, sebaiknya anda memilih jasa kontraktor yang akan bertanggungjawab terhadap hasil pekerjaannya.
Menurut mitos tradisi Jawa, terdapat 4 bulan yang baik untuk mendirikan/pindah rumah, yaitu:
1.     Bulan Bakdamulud. Dipercaya jika mendirikan rumah pada bulan ini maka keluarga yang bersangkutan akan mendapat wahyu keberuntungan, apa yang diinginkan terlaksana, cita-citanya tercapai, selalu menang dalam menghadapi perkara, berhasil dalam bercocok-tanam, mempunyai emas dan uang yang berlimpah, mendapat doa restu Nabi, dan lindungan dari Allah.
2.    Bulan Ruwah. Dipercaya jika mendirikan rumah pada bulan ini maka rejeki akan melimpah dan halal, disegani, dihormati, dan disenangi orang banyak, mendapat doa Rasul.
3.   Bulan Dulkangidah. Dipercaya jika mendirikan rumah pada bulan ini maka akan dicintai anak istri, para orang tua, dan saudara. Dalam hal bercocok-tanam lumayan hasilnya. Banyak rejeki dan cukup uang. Keadaan keluarga harmonis, tentram, damai, dan mendapatkan doa dari Rasul.
4.   Bulan Besar. Dipercaya jika mendirikan rumah pada bulan ini maka akan banyak mendapat rejeki, berkelimpahan harta-benda dan uang. Anggota keluarga yang berdiam di area tempat tinggalnya akan merasakan ketentraman lahir batin, serta dihormati.
Untuk menentukan hari mendirikan/pindah rumah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Hitung jumlah neptu pasangan suami istri
Misal:
Suami lahir 5 Juni 1982, neptunya 18
Istri lahir 12 Agustus 1981, neptunya 15
Jumlah neptu suami + istri = 33
2. Hitung jumlah Pancasuda
Caranya jumlahkan neptu suami + istri + hari pindah/mendirikan rumah, hasilnya dibagi 5. Untuk hari pindah, terdapat 12 neptu yang dihasilkan dari hari pasaran (dari Selasa Wage sampai Sabtu Pahing), sehingga perhitungannya adalah sebagai berikut:
7 + 33 = 40 dibagi 5 sisa 5 (yg habis dibagi 5 dianggap sisa 5)
8 + 33 = 41 dibagi 5 sisa 1
9 + 33 = 42 dibagi 5 sisa 2
10 + 33 = 43 dibagi 5 sisa 3
11 + 33 = 44 dibagi 5 sisa 4
12 + 33 = 45 dibagi 5 sisa 5
13 + 33 = 46 dibagi 5 sisa 1
14 + 33 = 47 dibagi 5 sisa 2
15 + 33 = 48 dibagi 5 sisa 3
16 + 33 = 49 dibagi 5 sisa 4
17 + 33 = 50 dibagi 5 sisa 5
18 + 33 = 51 dibagi 5 sisa 1
Berikutnya tentukan Pancasuda-nya. Bila selisihnya:
1 artinya Sri = rejeki melimpah
2 artinya Lungguh = mendapat derajat
3 artinya Gedhong = kaya harta benda
4 artinya Lara = sakit-sakitan
5 artinya Pati = mati (dalam arti luas)
Dari perhitungan di atas diketahui hari baik untuk mendirikan rumah tinggal, khusus bagi pasangan suami istri yang neptunya berjumlah 33 adalah
Terbaik 1:
a. hari pasaran berjumlah 8 (Senin Wage, Selasa Legi)
b. hari pasaran berjumlah 13 (Minggu Kliwon, Senin Pahing, Kamis Legi, dan Jumat Pon)
c. hari pasaran berjumlah 18 (Sabtu Pahing)
Terbaik 2:
a. hari pasaran berjumlah 9 (Minggu Wage dan Senin Legi)
b. hari pasaran berjumlah 14 (Minggu Pahing, Rabu Pon, Jumat Kliwon, dan Sabtu Legi)
Terbaik 3:
a. hari pasaran berjumlah 10 (Minggu Legi, Selasa Pon, dan Jumat Wage)
b. hari pasaran berjumlah 15 (Rabu Kliwon, Kamis Pon, dan Jumat Pahing)
3. Pilih salah satu dari 19 hari baik yang berada dalam bulan Bakdamulud, Ruwah, Dulkangidah, dan Besar.
Dari hasil di atas misal dipilih hari Minggu Kliwon, maka pada tahun 2011, tanggal yang sesuai adalah tanggal 13 Maret, 31 Juli, 9 Oktober, dan 13 November.
Perhitungan di atas adalah salah satu warisan dari budaya Jawa yang patut kita lestarikan keberadaannya. Kita memang tidak diwajibkan untuk mempercayainya namun hendaknya budaya ini tetap kita jaga. Terlepas dari hasil-hasil perhitungannya, semua hari adalah baik jika kita mempunyai niat untuk melakukan hal yang baik.
Lebih percaya pada mitos ataupun fakta, itu adalah pilihan anda. Namun ada baiknya sebelum mendirikan bangunan, anda membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu.


Ayo Segera Pasang atau ganti Atap Rumah/Kantor anda dengan Baja Ringan Produk Kami (Mankar Truss) hanya dengan budget yang ringan.
Kami juga menyediakan genteng metal dengan pilihan warna yang menarik bagi hunian anda, harga mulai dari Rp 22.500/lembar (untuk genteng metal berpasir).
Kami memberikan special price untuk pembelian dan pemasangan produk secara paket (rangka atap baja ringan + genteng metal + plafon gypsum).
Wilayah pemasangan di YOGYAKARTA, SLEMAN, BANTUL, WONOSARI, KULON PROGO, KUTOARJO, WATES, SOLO, KLATEN, SRAGEN, KEBUMEN, PURBALINGGA, BOYOLALI, SALATIGA,MAGELANG, SEMARANG, UNGARAN, TEMANGGUNG, BATANG, DEMAK, KARANGANYAR, KENDAL, KUDUS, PURWOREJO, SUKOHARJO, WONOGIRI, WONOSOBO, KARAWANG, BEKASI, JAKARTA BARAT, TANGERANG, DAN SEKITARNYA
Hubungi bagian marketing kami di 085385533751, 085730746921 dan 087838858415
Kantor Pemasaran dan aplikator Cabang Yogyakarta:Jln Wonosari Km 7, Wiyoro Lor RT 02 (perempatan wiyoro), Banguntapan, Bantul, DIY



1 komentar: